Friday, May 15, 2020

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN DAN REALISASI DANA BANTUAN PEMBERDAYAAN MGMP PAI SMA / SMK KAB. BURU TAHUN ANGGARAN 2019


LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN DAN REALISASI DANA

BANTUAN PEMBERDAYAAN
MGMP PAI SMA / SMK
KAB. BURU TAHUN ANGGARAN 2019



 





                                                   



DILAKSANAKAN OLEH
MGMP PAI SMA/SMK KAB. BURU
PROVINSI MALUKU
Tahun 2019



I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

              Kemajuan dan perkembangan iptek pada era globalisasi melahirkan tantangan berbagai aspek, khususnya, khususnya terhadap pendidikan agama Islam. Kondisi ini menuntut GPAI mampu berperan lebih dinamis dan kreatif. PP Nomor. 19 Tahun 2005 secara umum guru harus memiliki kompetensi, yaitu : kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi leadhership.
              Dengan kompetensi tersebut GPAI diharapkan mampu mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan agama Islam sebagaimana diamanatkan dalam PP. Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, yang berfungsi untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga  kedamaian dan kerukunan hubungan antar umat beragama.
              Guna menunjang peningkatan kompetensi tersebut diperlukan adanya wadah yang berfungsi sebagai wahana komunikasi, informasi, dan pengembangan wawasan, dan kinerja serta karir GPAI. Untuk memenuhi maksud tersebut, maka keberadaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada SMA/SMK perlu dioptimalisasi peran dan fungsinya dengan sarana dan prasarana yang memadai.
              Dalam kaitan tersebut setiap mata pelajaran mempunyai satu wadah dalam menyatukan persepsi untuk memajukan pendidikan yang diwujudkan dalam berbagai kegiatannya. Oleh karena itu dalam wadah MGMP PAI tersebut dituntut untuk selalu aktif melaksanakan berbagai kegiatan yang sudah direncanakan dan diagendakan dalam rangka ikut memajukan dan berperan dalam mencetak generasi muda yang bermartabat, berprestasi berdasarkan nilai-nilai agama.
              Dari latar belakang di atas MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru mempunyai beberapa program yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 yang salah satunya berupa kegiatan pelatihan pengurus MGMP PAI SMA/SMK tingkat Kabupaten Buru serta Guru PAI SMA/SMK aktif dan kreatif utusan dari masing-masing sekolah SMA/SMK yang ada di Kabupaten Buru.

B.     Profil MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru








C.    Tujuan dan Target Kegiatan

Tujuan yang ingin dicapai dalam pelatihan ini adalah :
1.      Termotivasinya Pengurus MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru untuk meningkatkan Mutu PAI di Kabupaten Buru
2.      Terlatihnya pengurus MGMP PAI SMA/SMK dan guru PAI SMA/SMK Kabupaten Buru dalam membuat perangkat pembelajaran.
3.      Terlatihnya pengurus MGMP PAI SMA/SMK dan guru PAI SMA/SMK Kabupaten Buru dalam  membuat media pembelajaran PAI berbasis ICT.

D.    Sasaran Kegiatan

Peserta dalam kegiatan ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) yang berada dalam lingkup KKM MAN Pameungpeuk, yang terdiri dari:
1.      SMK N 1 Buru
2.      SMA N 6 Buru
3.      SMA N 3 Buru
4.      SMA N 9 Buru
5.      SMA Alhilaal Namlea
6.      SMK N 6 Buru





























II
PELAKSANAAN KEGIATAN


1.      Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru dilaksanakan di Desa Waekerta Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru selama 3 hari mulai tanggal 25 Oktober sampai dengan 27 Oktober 2019. Bertempat di gedung serba guna Yayasan Ma’had Khoirul Huda, kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 20 Peserta utusan dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Buru.

1.      Operasional MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru
Untuk menunjang kelancaran Kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu MGMP PAI SMA/SMK Kab. Buru tahun 2019 ini maka perlunya pembelian operasional pendukung demi kelancaran kegiatan dimaksud. Adapun pembelian sarana pendukung tersebuut adalah :
a.       Pulpen
b.      Note book
c.       Map plastik
d.      Stempel
e.       Kertas Hvs
f.       Tinta Print warna
g.      Tinta print hitam putih
2.      Kegiatan
Kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru ini dilaksanakan tiga hari. Pelaksanaan kegiatan dimulai pukul 08.00 WIT yaitu chek in peserta beserta pengisian absensi..Pada   hari   pertama,   acara   dimulai   dengan   pembukaan,   yang   dilanjutkan   dengan pengarahan   dan  pembukaan   pelaksanaan   kegiatan   oleh   kepala   kantor  Kementrian Agama Kabupaten Buru.   Selanjutnya   diteruskan   dengan   kegiatan   Pelatihan   Materi Kebijakan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buru yang   diisi   oleh   Ibu Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buru. Setelah ishoma kegiatan dialnjutkan dengan materi model-model pembelajaran K-13 yang dibawakan oleh Ibu Puspa Latukau, S.Pd, M.Pd sampai masuk waktu istirahat.

            Pada hari kedua, acara dimuali dengan materi lanjutan Model-model Pembelajaran K-13, materi difokuskan dalam praktek mengajar didalam kelas. Kemudian pda jam 10.00 WIT dilanjutkan dengan materi Teknik pembuatan Medi Pembelajaran PAI berbasis IT yang dibawakan oleh Drs. Muhdir Nursolih. Sampai waktu istirahat
              Pada hari ketiga dimulai dengan lanjutan materi Teknik pembuatan Medi Pembelajaran PAI berbasis IT, pada hari ketiga ini difokuskan pada praktek langsung pembuatan media pembelajaran berbasis IT di hp/laptop masing-masing peserta. Pada hari ketiga ini kegiatan ditutup dengan Musyawarah Guru PAI dan juga penyelesaian administrasi peserta pelatihan.
1.      Waktu dan tempat pelaksanaan
Waktu pelaksanaan kegiatan ini yakni pada hari jum’at 25 Oktober 2019 sampai dengan 27 Oktober 2019 bertempat di gedung serba guna Yayasan Ma’had Khoirul Huda Desa Waekerta Kecamatan waeapo Kabupaten Buru.
2.      Peserta pelatihan
Pserta kegiatan ini terdiri dari guru-guru PAI pada sekolah yang ada di Pulau Buru. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, dan sekembalinya ke sekolah asal, guru yang telah mengikuti kegiatan ini mampu membagi ilmunya kepada rekan guru yang lainya di sekolah masing-masing, sehingga adanya pengingkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Buru ini khususnya guru PAI. Adapun nama-nama peserta yang mengikuti Kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru 2019 kami sertakan di halaman lampiran.
3.      Narasumber
Yang menjadi Narasumber pada Kegiatan ini adalah orang-orang pilihan yang disepakati bersama ketika rapat pengurus MGMP PAI SMA/SMK Kab. Buru dan juga panitia pelaksana yang dianggap berkompeten di bidangnya  masing-masing, adapun nama-nama Narasumber Kegiatan adalah sebagai berikut :
1.      Farida Laisouw, S.Pd, M.Pd membawakan materi Kebijakan Kakemenag Kab. Buru dalam peningkatan mutu MGMP PAI SMA/SMK
2.      Puspa Latukau, S.Pd, M.Pd membawakan materi Model-model pembelajaran K-13
3.      Drs. Moh. Muhdir Nursolih membawakan materi Teknik pembuatan Medi Pembelajaran PAI berbasis IT
4.      Jadwal Kegiatan

JADWAL PELATIHAN PENINGKATAN MUTU MGMP PAI SMA/SMK
KABUPATEN BURU 2019
NO
HARI/TANGGAL
JAM
MATERI
NARASUMBER
PENDAMPING

Jum’at,   25 Oktober 2019
1
08.00-08.30 WIT
Checkin Peserta
panitia
panitia
2
08.30-09.30 WIT
Pembukaan Pelatihan
1.      Pembukaan
2.      Pembacaan Kalam Ilahi
3.      Laporan Panitia
4.      Pengarahan kakemenag Kab. Buru
5.      Pembacaan Do’a
6.      Penutup

Panitia
4
09.30-11.30 WIT
Kebijakan Kakemenag Kab. Buru dalam peningkatan mutu MGMP PAI SMA/SMK
Farida Laisouw, S.Pd, M.Pd

5
11.30-12.00 WIT
Ishoma


6
12.00 – 15.30 WIT
Model-model pembelajaran K-13

Puspa Latukau, S.Pd, M.Pd


7
15.30-16.00 WIT
Istirahat



16.00-17.30 WIT
Lanjutan Materi
Puspa Latukau, S.Pd, M.Pd


Sabtu, 26 Oktober 2019
8
08.00-10.00.WIT
Simulasi penerapan model-model pembelajaran K-13
Puspa Latukau, S.Pd, M.Pd


9
10.00-12.30 WIT
Teknik pembuatan Medi Pembelajaran PAI berbasis IT

Drs. Moh. Muhdir Nursolih

10
12.30-13.30 WIT
Ishoma


14
13.30-16.30
Materi Lanjutan
Drs. Moh. Muhdir Nursolih



Ahad, 27 Oktober 2019
15
08.00-09.00 WIT
Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI SMA/SMK sekaligus pemilihan ketua MGMP
Pengurus MGMP PAI Kab. Buru

16
09.00-10.00 WIT
Upacara penutupan pelatihan
1.      Pembukaan
2.      Laporan panitia penyelenggara
3.      Pesan kesan peserta
4.      Pengarahan kakemenag Kab. Buru sekaligus menutup acara
5.      Pembacaan do’a
6.      penutup


17
10.00-12.30 WIT
Penyelesaian administrasi peserta



5.      Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan pelatihan peningkatan mutu MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru Alhamdulillah berjalan dengan lancar dari awal kegiatan hingga akhir. Para peserta yang terdiri dari perwakilan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Buru sangat antusias mengikuti kegiatan.
6.      Kendala Yang dihadapi dan Solusinya
Kendala yang dihadapi adalah kondisi latar belakang ekonomi dan pengetahuan guru di bidang IT yang berbeda-beda. Ada yang sudah menguasai teknologi pengoperasian laptop dan jaringan internet, ada juga yang masih tahap belajar pengoperasian laptop dan internet, sehingga dengan waktu yang singkat yakni selama 3 hari sangat sulit untuk mencapai target. Pemateri harus mulai dari awal pengoperasian komputer dan internet agar guru yang hadir bisa memahami materi yang disampaikan, harapannya Guru PAI yang ada di Kabupaten Buru mampu bersaing di era serba digital seperti saat ini.
Solusinya adalah kegiatan pelatihan seperti ini agar rutin diadakan minimal setiap tahun sekali diadakan ataupun setiap semester, melalui kegiatan MGMP atau kegiatan yang diadakan oleh kementrian Agama Kabupaten Buru untuk meningkatkan kualitas pendidik atau guru PAI di Kabupaten Buru.

3.      Pembiayaan
1.      Biaya Operasional
No
Jenis Pengeluaran
Penerima
Biaya
1
Pembelian ATK
·         Pulpen
·         Note Book
·         Tinta Print Warna
·         Tinta Print Hitam Putih
·         Kertas Hvs
·         Map Plastik
·         Spidol Board Marker
·         Materai
·         Amplop
·         Foto Copy
·         Spanduk
·         Stempel

Toko Fitria Pelajar










Kholek Computer Printing
Toko Mey Shop

Rp. 144.000
Rp. 120.000
Rp. 40.000
Rp. 40.000
Rp. 65.000
Rp. 72.000
Rp. 30.000
Rp. 50.000
Rp. 49.000
Rp. 100.000

Rp. 360.000
Rp. 130.000
2
Nasi Kotak Untuk Kegiatan
Putri Kembar
Rp. 2.700.000
3
Snack Untuk Kegiatan
Rindi Plus
Rp. 2.250.000
JUMLAH

Rp. 6.150.000


2.      Kegiatan

No
Jenis Pengeluaran
Penerima
Biaya
1
ATK
·         Sertifikat
·         Pelaporan dan Penggandaan

Toko Fitria Pelajar
Panitia

Rp. 300.000
Rp. 500.000
2
Honor Panitia
(pengarah, ketua, sekretaris, dan
anggota)
Perorangan
Rp. 1.400.000
3
Belanja Jasa Profesi
(nonor narasumber)
Perorangan
Rp. 4.800.000
4
Sewa Tempat
Yayasan Ma’had Khoirul Huda
Rp. 900.000
5
Sewa infocus/proyektor
Yayasan Ma’had Khoirul Huda
Rp. 600.000
6
Sewa Sound Sistem
Yayasan Ma’had Khoirul Huda
Rp. 750.000
7
Transportasi
(Narasumber, peserta, dan panitia)
Perorangan
Rp. 4.450.000
8
Uang saku Peserta
Perorangan
Rp. 5.100.000
JUMLAH

Rp 18.850.000


TOTAL BIAYA DIKELUARKAN
SISA DANA DIKEMBALIKAN / SISA ANGGARAN
JUMLAH BANTUAN DITERIMA

:Rp 25.000.000
:RP -
:Rp 25.000.000











III
KESIMPULAN


Pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Mutu MGMP PAI SMA/SMK  sangat bermanfaat untuk  meningkatkan kemampuan dan keterampilan Guru  agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengembangkan kualitas pembelajaran di sekolah  masing-masing.

Kegiatan MGMP PAI SMA/SMK  hendaknya dilaksankan  secara berkelanjutan melaksanakan program kerja  dengan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk benar-benar bisa membimbing dan memantau dari rencana tindak lanjut yang telah dibuat sehingga tujuan dan sasaran setiap kegiatan MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru akan tercapai.








































IV
PENUTUP

.
Harapan dari kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru tahun anggaran 2019 ini adalah semoga menjadi wahana yang dapat mencerahkan pengetahuan para guru   PAI   khususnya  di lingkungan Kabupatan Buru, sehingga   dapat   memperkaya   berbagai   macam   teknik   yang   efektif   untuk   dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas dalam arti yang seluas-luasnya.
Pada   akhirnya   kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru merupakan   salah   satu   usaha   manusia   (Guru)   untuk memperbaiki kekurangannya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada siswa, walaupun demikian dalam usaha ini pun masih terdapat berbagai macam kekurangan. Akan tetapi dengan berbagai kekurangan ini kami tetap berharap adanya perubahan yang signifikan yang merupakan buah dari kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Buru, dalam bentuk peningkatan profesionalisme, idealisme, kecintaan, dan loyalitas terhadap profesi guru. Sebagai penutup, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperandalam kegiatan ini, semoga Allah SWT. Memberikan balasan yang jauh lebih baik dariapa yang telah diamalkan dalam kegiatan ini.

Namlea, 14 November 2019
Ketua MGMP-PAI SMA/SMK Kabupaten Buru





Drs. Syahril Umamit, M.Pd
NIP. 19631125 199303 1 009













V
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      RAB

NO
URAIAN
PENGELUARAN
SATUAN
JUMLAH
SUB TOTAL
VOLUME
SATUAN
JENIS
A.     BELANJA BAHAN






1
Makan
90
Dus
Belanja
Rp.30.000
Rp.2.700.000

2
Snack
150
Dus
Belanja
Rp. 15.000
Rp.2.250.000

3
Sewa gedung
3 hari
Ruangan
Sewa
Rp. 300.000
Rp. 900.000

4
Sewa infocus
3 hari
Barang
Sewa
Rp. 200.000
Rp. 600.000

5
Sewa sounds system
3 hari
Barang
Sewa
Rp. 250.000
Rp. 750.000

B.     ATK






1
Pulpen
3
Lusin
Belanja
Rp. 48.000
Rp. 144.000

2
Note book
2
Lusin
Belanja
Rp. 60.000
Rp. 120.000

3
Tinta print warna
1
Paket
Belanja
Rp. 40.000
Rp. 40.000


Tinta print hitam putih
 1
Paket
Belanja
Rp. 40.000
Rp. 40.000

4
Kertas Hvs
1
Rim
Belanja
Rp. 65.000
Rp. 65.000

5
Stempel
1 buah

Belanja
Rp. 130.000
Rp. 130.000

6
Map Plastik
2
Lusin
Belanja
36.000
Rp.72.000

7
Spidol board marker
3
Buah
Belanja
Rp.10.000
Rp. 30.000

8
Foto copy
200
Lembar
Belanja
Rp. 500
Rp. 100.000

9
Spanduk
1.5 x 3 m
Meter
Belanja
Rp. 80.000
Rp. 360.000

10
Materai 6000
5
Lembar
Belanja
Rp.10.000
Rp. 50.000

11
Sertifikat
20
Lembar
Belanja
Rp. 15.000
Rp. 300.000

12
Amplop
1
Pak
Belanja
Rp. 50.000
Rp. 50.000

C.    TRANSPORTASI






1
Peserta dari Kec. Waeapo
7
Orang
Transport
Rp.150.000
Rp.1.050.000

2
Peserta dari Kec. Lolongguba
3
Orang
Transport
Rp.150.000
Rp.450.000

3
Peserta dari Kec. Waelata
3
Orang
Transport
Rp.175.000
Rp.525.000

4
Peserta dari Kec. Namlea
7
Orang
Transport
Rp.175.000
Rp.1.225.000

5
Panitia
4
Orang
Transport
Rp.150.000
Rp.600.000

6
Narasumber
3
Orang
Transport
Rp.200.000
Rp.600.000

D.    HONORARIUM





1.
Gol. IV
3
Jam
Honorarium
Rp.500.000
Rp. 1.500.000

2
Gol. III
11
Jam
Honorarium
Rp. 300.000
Rp. 3.300.000

3
Pengarah
1
Orang
Honorarium
Rp. 400.000
Rp. 400.000

4
Ketua Panitia
1
Orang
Honorarium
Rp. 400.000
Rp. 400.000

5
Anggota Panitia
2
Orang
Honorarium
Rp. 300.000
Rp. 600.000

6
Uang Saku Peserta
20
Orang
Uang saku
Rp. 255.000
Rp. 5.100.000

E.     PEMBUATAN DAN LAPORAN




Penggandaan laporan
3
paket
Belanja
Rp. 150.000
Rp.450.000


Jilid laporan
3
paket
Belanja
Rp. 33.000
Rp. 99.000









TOTAL

25.000.000


Ketua MGMP-PAI SMA/SMK Kabupaten Buru





Drs. Syahril Umamit, M.Pd
NIP. 19631125 199303 1 009






















3. SK Kegiatan
4. Daftar Hadir Peserta
5. Biodata Peserta
6. Serttifikat Peserta
7. Daftar Narasumber
8. Biodata Narasumber
10. Notulasi Kegiatan dan catatan
11. 12. Foto Kegiatan
13. Bukti-bukti keuangan (kwiansi/faktur/bukti pengeluaran, bukti
pengembalian sisa dana/setor ke negara, bukti
pembayaran/penyetoran pajak-pajak dan lain-lain)









JADWAL PELATIHAN PENINGKATAN MUTU MGMP PAI SMA/SMK
KABUPATEN BURU 2019
NO
HARI/TANGGAL
JAM
MATERI
NARASUMBER
PENDAMPING

Jum’at,   25 Oktober 2019
1
08.00-08.30 WIT
Checkin Peserta
panitia
panitia
2
08.30-09.30 WIT
Pembukaan Pelatihan
7.      Pembukaan
8.      Pembacaan Kalam Ilahi
9.      Laporan Panitia
10.  Pengarahan kakemenag Kab. Buru
11.  Pembacaan Do’a
12.  Penutup

Panitia
4
09.30-11.30 WIT
Kebijakan Kakemenag Kab. Buru dalam peningkatan mutu MGMP PAI SMA/SMK
Farida Laisouw, S.Pd, M.Pd

5
11.30-12.00 WIT
Ishoma


6
12.00 – 15.30 WIT
Model-model pembelajaran K-13

Puspa Latukau, S.Pd, M.Pd


7
15.30-16.00 WIT
Istirahat



16.00-17.30 WIT
Lanjutan Materi
Puspa Latukau, S.Pd, M.Pd


Sabtu, 26 Oktober 2019
8
08.00-10.00.WIT
Simulasi penerapan model-model pembelajaran K-13
Puspa Latukau, S.Pd, M.Pd


9
10.00-12.30 WIT
Teknik pembuatan Medi Pembelajaran PAI berbasis IT

Drs. Moh. Muhdir Nursolih

10
12.30-13.30 WIT
Ishoma


14
13.30-16.30
Materi Lanjutan
Drs. Moh. Muhdir Nursolih



Ahad, 27 Oktober 2019
15
08.00-09.00 WIT
Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI SMA/SMK sekaligus pemilihan ketua MGMP
Pengurus MGMP PAI Kab. Buru

16
09.00-10.00 WIT
Upacara penutupan pelatihan
7.      Pembukaan
8.      Laporan panitia penyelenggara
9.      Pesan kesan peserta
10.  Pengarahan kakemenag Kab. Buru sekaligus menutup acara
11.  Pembacaan do’a
12.  penutup


17
10.00-12.30 WIT
Penyelesaian administrasi peserta



Panitia Pelaksana
Ketua MGMP PAI SMA/SMK Kab. Buru



Drs. Syahril Umamit, M.Pd
NIP. 19631125 199303 1 009


     

No comments:

Post a Comment